UJI EFEKTIFITAS GEL EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG KAYU JAWA(Lannea coromandelica) PADA KELINCI (OryctolagusCuniculus) SEBAGAI OBATPENYEMBUHAN LUKA BAKAR

  • Reski Yalatri Wirastuty

Abstract

Uji  efektifitas gel  ekstrak kulit batang kayu  jawa  (Lannea Coromandelica) pada kelinci  (Oryctolagus


Cuniculuis) Sebagai obat penyembuh luka bakar.(Pembimbing : Rusman dan Suhartatik)


Telah dilakukan penelitian mengenai gel ekstrak kulit batang kayu jawa (Lannea Coromandelica). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah gel kestrak kulit batang kayu jawa (Lannea Coromandelica) dapat memberikan efek penyembuh luka pada kelinci. Penelitian ini dilakukan dengan menggukan gel ekstrak kulit batang kayu jawa (Lannea Coromandelica) dengan kosentrasi ekstrak 3%,basis gel(tanpa ekstrak) dan bioplacenton.      Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hari dimana luka mulai mengering yaitu ketiga sediaan memberikan efek terhadap luka. Efek paling optimum adalah sediaan gel dengan ekstrak kulit batang kayu jawa (Lannea Coromandelica) konsentrasi 3%, ini ditandai dengan luka mengering pada hari ke-5, untuk sediaan Bioplacenton® luka mengering pada hari ke-6, sedangkan sediaan gel tanpa ekstrak luka mulai mengering pada hari ke-8.


Kata Kunci : Oryctolagus Cuniculus,Kulit batang kayu jawa,Gel,Luka bakar

Published
2017-02-24
How to Cite
WIRASTUTY, Reski Yalatri. UJI EFEKTIFITAS GEL EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG KAYU JAWA(Lannea coromandelica) PADA KELINCI (OryctolagusCuniculus) SEBAGAI OBATPENYEMBUHAN LUKA BAKAR. Journal of Pharmaceutical Science and Herbal Technology, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-35, feb. 2017. Available at: <http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jpsht/article/view/93>. Date accessed: 16 nov. 2019.