UJI EFEK ANTIPIRETIK INFUS DAUN MIANA UNGU (Coleus scutelleriodes) PADA HEWAN UJI MENCIT (Mus musculus) YANG DIINDUKSI VAKSIN DPT

  • suryanita suryanita

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui efek  antipiretik infus daun miana ungu (Coleus scutelleriodes) pada hewan uji Mencit (Mus musculus)). Metode ini menggunakan  metode eksperimen laboratorium dengan membagi mencit menjadi 5 kelompok yaitu pemberian infus  daun miana (Coleus scutelleriodes)ungu  dengan konsentrasi 10% ,20% dan 30%, kontrol positif (paracetamol ), kontrol negatif (air suling).  Uji efek antipiretik infuse daun miana ungu (coleus scutelleriodes)   pada hewan uji   (Mus musculus ) dilakukan dengan cara memberikan tablet paracetamol   yang dilarutkan dengan aquadest   sebagai penginduksi demam infuse daun miana ungu (Coleus scutelleriodes) dengan konsentrasi 10%, 20% dan 30% diberikan secara oral dan dilakukan pengamatan terhadap frekuensi dan konsistensi setiap 5, 10, 15, 20 menit . Sebagai kontrol positif digunakan larutan tablet paracetamol dengan dosis 2 mg/bb. Berdasarkan hasil analisis statistik anava menunjukkan bahwa pengujian infus  daun  miana  ungu (Coleus scutelleriodes )sebagai antipiretik tidak  mempunyai efek  yang dapatmenurunkan demam. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa infus daun miana ungu tidak dapat menurunkan suhu tubuh.Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang efek daun miana ungu dengan menggunakan metode pengujian yang berbeda.


Kata kunci : Daun miana ungu, Mencit, Antipiretik

Published
2017-02-24
How to Cite
SURYANITA, suryanita. UJI EFEK ANTIPIRETIK INFUS DAUN MIANA UNGU (Coleus scutelleriodes) PADA HEWAN UJI MENCIT (Mus musculus) YANG DIINDUKSI VAKSIN DPT. Journal of Pharmaceutical Science and Herbal Technology, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 27-31, feb. 2017. Available at: <http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jpsht/article/view/92>. Date accessed: 16 nov. 2019.