UJI EFEK ANALGETIK REBUSAN DAUN JARAK PAGAR (Jatropha curcas L.) TERHADAP HEWAN COBA MENCIT(Mus musculus) YANG DIINDUKSI ASAM ASETAT

  • Hilda Wiryanthi Suprio

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai uji analgetik rebusan daun jarak pagar (Jatropha curcas L) terhadap mencit (Mus musculus) dengan tujuan untuk mengetahui efek analgetik rebusan daun jarak pagar yang diberikan kepada mencit. Penelitian ini menggunakan 15 ekor mencit yang dibagi dalam 5 kelompok terdiri dari 3 mencit, kelompok l diberi Aqua Destillata 1% sebagai kontrol. Kelompok ll, lll, dan lV diberi rebusan daun jarak pagar masing-masing 5% b/v, 10% b/v, dan 15% b/v. Kelompok V diberi suspensi Asam Mefenamat 0,65ml/20 g BB dan diberikan secara oral. Pengamatan dilakukan selama 60 menit. Hasil penelitian dengan menggunakan rancangan acak lengkap  menunjukkan bahwa rebusan daun jarak pagar 5%  b/v, 10% b/v, dan 15% b/v, memberikan efek analgetik pada mencit dibandingkan dengan kontrol. Dan suspensi asam mefenamat juga memberikan efek analgetik yang sama dengan rebusan daun jarak pagar.


Kata kunci : Daun jarak pagar, Analgetik, Mencit.

Published
2017-02-24
How to Cite
SUPRIO, Hilda Wiryanthi. UJI EFEK ANALGETIK REBUSAN DAUN JARAK PAGAR (Jatropha curcas L.) TERHADAP HEWAN COBA MENCIT(Mus musculus) YANG DIINDUKSI ASAM ASETAT. Journal of Pharmaceutical Science and Herbal Technology, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 23-26, feb. 2017. Available at: <http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jpsht/article/view/91>. Date accessed: 16 nov. 2019.