FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAJUARA KECAMATAN KAJUARA KABUPATEN BONE

  • Karlina Karlina STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Herman Djewarut Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Munawir Munawir STIKES Nani Hasanuddin Makassar

Abstract

Hipertensi sering disebut sebagai sebagai sillentt killer (pembunuhan siluman) karena sering kali penderita hipertensi bertahun-tahun tanpa merasakan sesuatu tanpa gejala (Triyanto, 2014). Tekanan darah normal bervariasi sesuai usia. Sehingga setiap diagnosa hipertensi harus bersifatusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pada lansia wilayah kerja Puskesmas Kajuara Kec.Kajuara Kab. Bone.Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey analitik yang menggunakan rancangan studi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua lansia yang menderita hipertensi yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Kajuara.Adapun cara pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan purposive sampling yaitu sebanyak 74 responden.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.Data yang telah terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan program komputer.Analisis data mencakup analisis univariat dengan mencari distribusi frekuensi. Analisis bivariat untuk mengetahui hubungan antara variabel dengan uji Chi-Square dengan batas kemaknaan bila hasil uji statistik menunjukkan p< 0,05) maka Ho ditolak Ha diterima Hasil analisis bivariat didapatkan jenis kelamin (p=0,166), pola makan (p=0,002) dan stres (p=0,005). Kesimpulan dalam penelitian adalah terdapat hubungan antara pola makan, dan stres, serta tidak terdapat hubungan jenis kelamin dengan kejadian hipertensi pada lansia wilayah kerja Puskesmas Kajuara Kecamatan. Kajuara Kabupaten Bone.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-16
How to Cite
KARLINA, Karlina; DJEWARUT, Herman; MUNAWIR, Munawir. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAJUARA KECAMATAN KAJUARA KABUPATEN BONE. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 84-89, aug. 2018. ISSN 2302-1721. Available at: <http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/905>. Date accessed: 19 nov. 2019.