FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN OBI PROVINSI MALUKU UTARA

  • Hestyawati Rais STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Muzakkir Muzakkir STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Nursalim Nursalim STIKES Nani Hasanuddin Makassar

Abstract

Hipertensi kini menjadi masalah yang besar, karena pervalensinya tinggi dan cenderung meningkat, di perkirakan prevalensi hipertensi di seluruh dunia sekitar 15-20%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pada masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Obi tahun 2014. Jenis penelitian ini survey analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian ini adalah seluruh Penderita yang berkunjung di Puskesmas Kecamatan Obi Provinsi Maluku Utara dan tercatat di buku rekam medik. Sampel penelitian adalah dengan tehnik Proposive sampling di dapatkan 40 responden sesuai dengan kriteria inklusi. Pengumpulan data di lakukan dengan kuesioner. Analisa data di lakukan dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukan dengan uji Chi square adanya hubungan antara faktor pola makan dengan kejadian hipertensi pada penderita dengan hasil p value 0,008 (>0,05). Sedangkan faktor obesitas menunjukan adanya hubungan dengan kejadian hipertensi dengan hasil p value 0,013 (>0,05). Faktor genetik pun menunjukan adanya hubungan dengan kejadian hipertensi dengan hasil p value 0,007 (>0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini di sarankan untuk rutin mengontrol tekanan darah memiliki pola makan dan gaya hidup yang sehat,serta olahraga teratur serta mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya serat seperti sayur dan buah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-16
How to Cite
RAIS, Hestyawati; MUZAKKIR, Muzakkir; NURSALIM, Nursalim. FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN OBI PROVINSI MALUKU UTARA. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 79-83, aug. 2018. ISSN 2302-1721. Available at: <http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/904>. Date accessed: 19 nov. 2019.