HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEMANDIRIAN LANJUT USIA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN SEHARI-HARI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATUA MAKASSAR

  • Gustin Bandong STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Yusran Haskas STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Akmal Akmal RSUD Kota Makassar

Abstract

Kemandirian merupakan salah satu faktor yang terpenting bagi lanjut usia dalam memenuhi kebutuhannya dihari tua dan tidak bergantung pada orang lain. Lanjut usia yang hidup sendiri atau di tinggal oleh orang yang dicintai tanpa ada dukungan dari keluarga dan teman dapat berdampak pada kemandirian lanjut usia. Dukungan dari keluarga merupakan motivasi bagi lansia yang sangat diperlukan agar lansia dapat mandiri dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kemandirian lanjut usia dalam pemenuhan kebutuhan aktivitas sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan observasional dengan rancangan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah lanjut usia yang berjumlah 87 jiwa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probabily sampling, diperoleh 72 responden sesuai dengan kriteria inklusi. Pengumpulan data primer dengan menggunakan kuesioner sebagai alat ukur. Pengolahan data dilakukan dengan mengunakan komputer melalui program pengolahan data statistik komputer dan selanjutnya data dianalisis dengan mengunakan uji statistik chi-square yang dilanjutkan dengan tingkat kemaknaan ? = 5%. Setelah data diolah diperoleh nilai p = 0,001 dan ? = 0,05 artinya p < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan kemandirian lanjut usia dalam pemenuhan kebutuhan aktivitas sehari-hari di wilayah kerja Puskesmas Batua Makassar. Melihat hasil penelitian diharapkan agar para lansia dapat mengolah kemandiriannya melalui dukungan yang diberikan oleh keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-16
How to Cite
BANDONG, Gustin; HASKAS, Yusran; AKMAL, Akmal. HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEMANDIRIAN LANJUT USIA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN SEHARI-HARI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATUA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 70-74, aug. 2018. ISSN 2302-1721. Available at: <http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/902>. Date accessed: 19 nov. 2019.