PENGARUH KONSEP DIRI DAN GAYA HIDUP LANSIA TERHADAP KONDISI PENYAKIT HIPERTENSI DI PANTI UNIT PELAYANAN SOSIAL TRESNA WERDHA KAB. GOWA

  • Sri Sulastri STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Yasir Haskas STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Dewi Yuliani H STIKES Nani Hasanuddin Makassar

Abstract

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi adalah suatu gangguan pada pembuluh darah yang mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah, terhambat sampai ke jaringan tubuh yang membutuhkannya. Pada populasi lansia, hipertensi didefinisikan sebagai tekanan sistolik 160 mmHg dan tekanan diastolik 90 mmHg. Konsep diri adalah semua ide, pikiran, kepercayaan dan pendirian yang diketahui individu tentang dirinya dan mempengaruhi individu dalam berhubungan dengan orang lain. Gaya hidup adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional study, dengan sampel 30. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul di olah dan dianalisis dengan menggunakan SPSS Versi 16.0. variabel dependen dalam penelitian ini adalah kondisi penyakit hipertensi sedangkan variabel independennya adalah konsep diri dan gaya hidup.Data tersebut diuji dengan menggunakan uji chi-square dikoreksi (continuity correction) dengan tingkat signifikan P<0,05. Hasil uji statistic didapatkan adanya pengaruh konsep diri dengan kondisi penyakit hipertensi (p<0,002), dan adanya pengaruh gaya hidup dengan kondisi penyakit hipertensi (p<0,001). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara konsep diri dan gaya hidup lansia terhadap kondisi penyakit hipertensi di Panti Unit Pelayanan Sosial Tresna Werdha Kab. Gowa, dimana gaya hidup mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kondisi penyakit hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-16
How to Cite
SULASTRI, Sri; HASKAS, Yasir; YULIANI H, Dewi. PENGARUH KONSEP DIRI DAN GAYA HIDUP LANSIA TERHADAP KONDISI PENYAKIT HIPERTENSI DI PANTI UNIT PELAYANAN SOSIAL TRESNA WERDHA KAB. GOWA. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 51-55, aug. 2018. ISSN 2302-1721. Available at: <http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/896>. Date accessed: 19 nov. 2019.