FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIDAKPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN HALUSINASI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATUA KOTA MAKASSAR

  • Indah Purnamasari S STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Sri Purnama Rauf Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Eka Hasriyanti STIKES Nani Hasanuddin Makassar

Abstract

Halusinasi adalah perubahan dalam jumlah atau pola stimulus yang datang disertai gangguan respon yang kurang, berlebihan, atau distorsi terhadap stimulus tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakpatuhan minum obat pada pasien halusinasi di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar. Desain penelitian menggunakan rancangan Cross Sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling jenuh, jumlah sampel dalam penelitian ini 32 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan komputer microsoft excel dan program statistik (SPSS) versi 21.0. analisis data mencakup analisis univariat dengan mencari distribusi frekuensi, analisis bivariat dengan uji Chi-Square (?<0,05) untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pengetahuan (? = 0,024); dukungan keluarga yang terdiri atas dukungan informasi (? = 0,040); dukungan penilaian (? = 0,013); dukungan instrumental (? = 0,019); dukungan emosional (? = 0,040); terhadap ketidakpatuhan minum obat pada pasien halusinasi di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar. Disimpulkan bahwa rata-rata pasien tidak patuh minum obat di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar sangat dipengaruhi oleh faktor pengetahuan dan dukungan keluarga yang terdiri atas dukungan informasi, dukungan penilaian, dukungan instrumental dan dukungan emosional berpengaruh terhadap ketidakpatuhan minum obat pada pasien halusinasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-15
How to Cite
PURNAMASARI S, Indah; RAUF, Sri Purnama; HASRIYANTI, Eka. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIDAKPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN HALUSINASI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATUA KOTA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 40-44, aug. 2018. ISSN 2302-1721. Available at: <http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/893>. Date accessed: 19 nov. 2019.