FAKTOR YANG MEMENGARUHI KECEMASAN TERHADAP MAHASISWA DALAM PROSES PENYUSUNAN SKRIPSI JURUSAN PERBANDINGAN MAZHAB DAN HUKUM DI FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Satriana Dardi STIKPER Gunung Sari Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecemasan terhadap mahasiswa dalam proses penyusunan skripsi jurusan perbandingan mazhab dan hukum di fakultas syariah dan hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Metode penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Cross-Sektional Study yaitu menekankan waktu pengukuran dalam variabel independen dan dependen hanya satu kali pada satu saat. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 46 Orang. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh tingkat pengetahuan terhadap kecemasan mahasiswa karena nilai p < a yaitu p : 0,071 dan a : 0,05 responden yang memiliki pengetahuan baik sebanyak 24 orang dan yang kurang baik sebanyak 22 orang, ada pengaruh status ekonomi terhadap kecemasan mahasiswa karena nilai p < a yaitu p : 0,068 dan a : 0,05 responden yang memiliki status ekonomi baik sebanyak 21 orang dan responden dengan status ekonomi kurang sebanyak 25 orang, ada pengaruh dukungan keluarga terhadap kecemasan mahasiswa karena nilai p < a yaitu p : 0,067 dan a : 0,05 responden yang memiliki dukungan keluarga baik sebanyak 16 orang dan dukungan keluarga yang kurang sebanyak 30 orang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pengetahuan, status ekonomi, dan dukungan keluarga terhadap kecemasan mahasiswa yang sementara penyusunan skripsi di jurusan perbandingan mazhab dan hukum fakultas hukum dan syari?ah di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-15
How to Cite
DARDI, Satriana. FAKTOR YANG MEMENGARUHI KECEMASAN TERHADAP MAHASISWA DALAM PROSES PENYUSUNAN SKRIPSI JURUSAN PERBANDINGAN MAZHAB DAN HUKUM DI FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 30-35, aug. 2018. ISSN 2302-1721. Available at: <http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/891>. Date accessed: 19 nov. 2019.