HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIALANAK USIA PRASEKOLAH (3-5 TAHUN) DI PAUD SALSABILAH KELURAHAN SAPANANG KABUPATEN PANGKEP

  • Efa Monalisa STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Alfiah A STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Hj. Andi Intang RSUD Wahidin Sudirohusodo

Abstract

Word Health Organization (WHO) melaporkan bahwa 5 25% dari anak-anak usia prasekolah menderita gangguan perkembangan. Berbagai stimulasi mampu mempengaruhi perkembangan anak, diantaranya yaitu gadget. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak usia prasekolah (3 5 tahun) di Paud Salsabilah Kelurahan Sapanang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini merupakan observasi analitik dengan pendekatan cross sectional, serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Populasi seluruh anak usia 3-5 tahun, Tehnik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Total Sampling dengan metode pendekatan sampling jenuh dimana semua orang tua dimasukkan dalam penelitian dengan jumlah sampel 32. Variabel indepeden penggunaan gadget dan variabel dependen perkembangan psikososial. Menggunakan uji chi-square tingkat kemaknaan (? = 0,05) (p = 0,000) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikososial di PAUD Salsabilah Kelurahan Sapanang Kabupaten Pangkep.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-15
How to Cite
MONALISA, Efa; A, Alfiah; INTANG, Hj. Andi. HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIALANAK USIA PRASEKOLAH (3-5 TAHUN) DI PAUD SALSABILAH KELURAHAN SAPANANG KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 25-29, aug. 2018. ISSN 2302-1721. Available at: <http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/890>. Date accessed: 19 nov. 2019.