PENGARUH BUDAYA TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM PADA IBU POST PARTUM DI RSIA SITTI KHADIJAH I MUHAMMADIYAH MAKASSAR

  • Hasifah Hasifah STIKES Nani Hasanuddin Makassar

Abstract

Salah satu penyebab morbiditas dan mortalitas ibu adalah infeksi pada masa nifas dimana infeksi tersebut berawal dari luka perineum. Luka perineum adalah luka karena adanya robekan jalan lahir baik karena ruptur maupun karena episiotomi pada waktu melahirkan janin. Proses penyembuhan luka adalah proses pergantian dan perbaikan fungsi jaringan yang rusak. Banyak faktor yang mempengaruhi proses penyembuhan luka perineum diantaranya adalah kebudayaan. Pengaruh budaya terhadap status kesehatan masyarakat tidak bisa diabaikan karena kesehatan merupakan bagian integral dari budaya. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh budaya terhadap proses penyembuhan luka perineum pada ibu postpartum di RSIA Sitti Khadijah I Muhammadiyah Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling didapatkan 35 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner dan observasi langsung kemudian diolah menggunakan program Statistical (SPSS) versi 22.0 for windows. Analisa data mencakup analisis univariat dengan mencari distribusi frekuensi, analisis bivariat menggunakan Uji Chi Square (Fishers Exact test) dengan tingkat kemaknaan ?=0,05. Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak ada pengaruh budaya terhadap proses penyembuhan luka perineum pada ibu postpartum. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak ada pengaruh budaya terhadap proses penyembuhan luka perineum pada ibu postpartum di RSIA Sitti Khadijah I Muhammadiyah Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-15
How to Cite
HASIFAH, Hasifah. PENGARUH BUDAYA TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM PADA IBU POST PARTUM DI RSIA SITTI KHADIJAH I MUHAMMADIYAH MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 1-4, aug. 2018. ISSN 2302-1721. Available at: <http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/884>. Date accessed: 19 nov. 2019.