FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN IBU SEBELUM PEMBERIAN IMUNISASI DPT PADA BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAMATARING KABUPATEN SINJAI

  • Hayana Hayana
  • Sri Wahyuni
  • Adriani Kadir

Abstract

Pemberian Imunisasi DPT dipengaruhi oleh kecemasan orang tua khususnya ibu disebabkan pengetahuan dan pendidikan  ibu mengenai efek samping dari imunisasi DPT kurang. Target pencapaian imunisasi  DPT untuk Kabupaten Sinjai 95%. Khusus untuk wilayah kerja Puskesmas Samataring sampai bulan Oktober baru mencapai 70%, jadinya masih ada sekitar 30% bayi yang belum mendapatkan imunisasi DPT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan ibu sebelum pemberian imunisasi DPT pada bayi diwilayah kerja Puskesmas Samataring Kabupaten Sinjai.Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif Analitik dengan metode Cross Sectional Study dengan jumlah sampel 60 responden.Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner ,  menggunakan skala guttman (1-2) dengan 14 pertanyaan kemudian hasilnya diolah dengan menggunakan Chi-Squers dengan tingkat kemaknaan ?=0,05 dengan variable yaitu pendidikan, dan pengetahuan.  Hasil uji statistic menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan dengan tingkat kecemasan ibu sebelum pemberian imunisasi DPT pada bayi dengan nilai 0,027, ada pengaruh pengetahuan dengan kecemasan ibu sebelum pemberian imunisasi DPT pada bayi dengan nilai p=0,043. Sehingga dapat di simpulkan bahwa kedua variabel tersebut memiliki pengaruh yang sama dengan tingkat kecemasan ibu sebelum pemberian imunisasi DPT pada bayi.


 


Keywords:  Pengetahuan, Kecemasan Ibu Sebelum Pemberian Imunisasi DPT

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-07-15
How to Cite
HAYANA, Hayana; WAHYUNI, Sri; KADIR, Adriani. FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN IBU SEBELUM PEMBERIAN IMUNISASI DPT PADA BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAMATARING KABUPATEN SINJAI. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, [S.l.], v. 2, n. 6, p. 88-95, july 2013. ISSN 2302-1721. Available at: <http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/487>. Date accessed: 25 sep. 2022.