FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DEKUBITUS PADA PASIEN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT RUMAH SAKIT IBNU SINA MAKASSAR

  • Sri Hastuti
  • Hasnah Nosi
  • Burhanuddin Bahar

Abstract

Masalah ulkus dekubitus menjadi problem yang cukup serius baik di Negara maju maupun di Negara berkembang, karena mengakibatkan meningkatnya biaya perawatan, memperlambat program rehabilitasi bagi penderita, memperberat penyakit primer dan mengancam kehidupan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian dekubitus di Ruang Perawatan Intensive Care Unit RumahSakit Ibnu Sina Makassar. Rancangan penelitian yang dipakai dalam penelitian ini  adalah penelitian survey analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional study.Pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30. Data yang telah dikumpul diolah dan dianalisa menggunakan komputerisasi dengan uji yang sesuai. Analisa data mencakup analisa univariat dan analisis bivariat dengan cara Fisher Exact Test dengan tingkat kemaknaan ? = 0,05, H0 ditolak jika p < 0,05 dan H0 diterima jika p > 0,05. Hasil uji statistic menunjukkan hubungan yang signifikan antara status gizi (p=0,037 < ? 0,05) da mobilisasi (p=0,003 < ? 0,05) lama raawat (p=0,037 < ?  0,05) dengan kejadian dekubitus dan tidak ada hubungan usia (p=0,130 > ? 0,05),dengan kejadian dekubitus di Ruang Perawatan Intensive Care Unit RumahSakit Ibnu Sina Makassar. Jadi diharapkan kepada perawat diharapkan dapat melakukan mobilisasi pada pasien setiap saat sebagai bagian dari intervensi keperawatan untuk mencegah terjadinya luka dekubitus.


 


Kata Kunci         :  status gizi, mobilisasi, umur, lama rawat, dekubitus

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-06-15
How to Cite
HASTUTI, Sri; NOSI, Hasnah; BAHAR, Burhanuddin. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DEKUBITUS PADA PASIEN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT RUMAH SAKIT IBNU SINA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, [S.l.], v. 2, n. 5, p. 39-45, june 2013. ISSN 2302-1721. Available at: <http://ejournal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/461>. Date accessed: 25 sep. 2022.